Senin, 07 September 2015


6 Hal untuk Menjadi Muslimah yang Berkualitas

Sahabat Shalihah, belumlah seseorang dapat disebut sebagai muslimah yang sejati jika dia baru menjalankan sebatas  ucapan kalimat syahadat saja atau sebatas sibuk menjalankan ritual keagamaan tetapi tidak memperhatikan hal lainnya misalnya: akhlak dalam bergaul dengan orangtua dan tetangganya.

Apakah yang perlu dilakukan agar menjadi muslimah yang berkualitas? Berikut ini penjelasannya:

1. Mencari Ilmu
Menuntut ilmu adalah kewajiban bagi setiap manusia. Hal ini dikarenakan ilmu adalah hal yang yang akan menjadi landasan dalam beramal dan beribadah. Apa yangakan  terjadi jika dalam beramal dan beribadah tanpa menggunakan ilmu? Tentunya akan berpotensi menyimpang dari aturan yang benar. Jadi, agar menjadi muslimah yang berkualitas, jangan pernah merasa lelah dalam mencari ilmu. Hadirilah majelis ilmu seperti: LTQ dan kajian-kajian untuk menambah wawasan dan ilmu.

2. Menjaga niat agar tetap ikhlas dan tanpa pamrih
Niat yang ikhlas hanya karena Allah SWT semata akan melahirkan berbagai amalan positif dan produktif. Amalan yang tidak berharap mendapat imbalan dan pujian dari manusia lain. Menjaga niat agar tetap lurus tidaklah mudah karena bahaya riya senantiasa membayangi tiap amalan manusia. Riya adalah keinginan untuk memamerkan amalan dengan harapan mendapatkan simpati dan pujian dari orang lain.

3. Menggunakan waktu dengan efektif dan efisien
Setiap muslimah amat dituntut untuk pandai mengelola waktunya dengan baik sehingga waktu yang berlalu tak ada yang sia-sia. Indikasi dari keberkahan waktu adalah dapat dilakukannya berbagai amalan yang positif untuk mengisi waktu. Sebaliknya, indikasi dari mubadzirnya waktu adalah: banyaknya amalan tak bermanfaat yang menyita waktu. Setiap muslimah juga dituntut untuk teratur dalam menjalankan setiap urusannya sehingga dapat menjadwalkan berbagai kegiatan seperti tilawah, dhuha, rawatib, membaca buku ataupun qiyamul lail dengan sebaik-baiknya.

4. Rela mengorbankan kesenangan pribadi untuk hal yang lebih baik
 Rela mengorbankan waktu, materi, dan kesenangan pribadi untuk melaksanakan hal yang lebih baik adalah tantangan bagi setiap muslimah. Contohnya: di akhir pekan, kita rela menggantikan waktu untuk santai dengan menghadiri berbagai majelis ilmu. Atau mengorbankan waktu dan materi untuk dapat mensupport kegiatan seperti seminar parenting yang tentu akan banyak manfaatnya bagi orangtua dalam mendidik anak.

5. Berusahalah untuk bermanfaat bagi orang lain
Sebaik-baik insan adalah yang bermanfaat bagi banyak orang. Hal ini dijelaskan dalam hadits berikut ini:
 “Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: Yang terbaik dianara kalian adalah mereka yang bermanfaat bagi umat.” [HR Bukhari].
Seorang muslim lebih diperintahkan untuk memberikan manfaat bagi orang lain, bukan hanya mencari manfaat dari orang atau memanfaatkan orang lain.

6. Berahlak Mulia
Beberapa hal yang merupakan karakter manusia berakhlak mulia adalah: bersikap ramah, tidak sombong dan angkuh sekalipun kepada orang miskin, serta senantiasa menghargai orang lain.
 Janganlah pernah meremehkan orang lain dan jagalah lisan dari perkataan yang tidak baik.

Demikianlah 6 hal yang perlu diusahakan agar menjadi muslimah yang berkualitas. Muslimah sejati adalah muslimah yang mengamalkan ajaran-ajaran Islam di setiap aspek kehidupannya.
Waallahu a’laam bishowab.

Profil Penulis:
Nama pena: Artisha ( Nama asli: Artis Hardiyati )
~ Menulis untuk menebar semangat kebaikan, amar ma’ruf nahi mungkar ~ 
Fb: artis hardiyati, Email: artishardiyati01gmail.com



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya

Foto saya
Ahlan Wa Sahlan, Semoga Bermanfaat