Senin, 07 September 2015


Inilah Kaum yang Terdekat dengan Rasulullah SAW Kelak di Hari Kiamat

Sahabat Shalihah, mempercayai adanya hari kiamat adalah sebuah kewajiban bagi setiap muslim karena hal ini merupakan salah satu dari rukun iman. Hari kiamat adalah hari dimana Allah SWT menghancurkan alam semesta ini sehancur-hancurnya hingga tak tersisa lagi makhluk yang bernyawa.
Kekacauan di hari kiamat sangat mengerikan. Digambarkan bahwa kekacauan yang terjadi pada hari kiamat bahkan membuat ibu lupa akan bayi yang disusuinya dan janin di dalam kandungan berguguran. Setiap orang sibuk menjadi sibuk dengan keselamatannya masing-masing. Hari kiamat menyebabkan matahari dan bulan hilang cahayanya, bintang-bintang berserakan, air laut meluap, gunung-gunung berterbangan, manusia bagaikan anai-anai yang berhamburan. Hal ini dijelaskan dalam ayat-ayat Al-Qur’an, diantaranya: Surat  Al-Qari’ah : 1-5, Al-Haqqah : 13-16, Az-Zumar : 68, dan QS. Al-Waqi’ah : 1-6.
Hari kiamat teramat dahsyat. Namun, ternyata ada satu golongan atau kaum yang kemudian justru memiliki kedudukan paling dekat dengan Rasulullah SAW di hari kiamat. Siapakah mereka?

Diriwayatkan dari Jabir radhiyallahu ‘anhu bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
“Sesungguhnya orang yang paling aku cintai di antara kalian dan yang paling dekat kedudukannya denganku di hari kiamat kelak adalah orang yang terbaik akhlaqnya.”
(HR. Tirmidzi, hadits ini dishahihkan oleh al-Albani dalam kitab Shahih Sunan Tirmidzi).

Dari hadits tersebut dapat kita ketahui bahwa kaum yang terdekat dengan Rasulullah kelak di hari kiamat adalah golongan orang yang berakhlaq mulia. Akhlaq mulia adalah amalan yang sangat luar biasa. Hingga Rasulullah SAW pun bersabda:
“Tidak ada sesuatu yang lebih berat dalam timbangan seorang mukmin kelak pada hari kiamat daripada akhlak yang baik. Sesungguhnya Allah amatlah murka terhadap seorang yang keji lagi mengucapkan ucapan yang jelek.”  (HR. At-Tirmizi no. 2002, Abu Daud no. 4799, dan dinyatakan shahih oleh Al-Albani dalam Shahih Al-Jami’ no. 5726).

Beberapa hal yang merupakan karakter manusia berakhlak mulia adalah: orang-orang yang membentangkan tangan-tangan mereka yaitu orang-orang yang mudah untuk bergaul. Karena itu hendaknya kita dapat bersikap:
-           ramah
-          tidak sombong dan angkuh sekalipun kepada orang miskin
-          serta senantiasa menghargai orang lain.
 Janganlah pernah meremehkan orang lain dan jagalah lisan dari perkataan yang tidak baik. Rasulullah SAW yang memiliki akhlak sangat mulia adalah figur yang dapat kita jadikan suri tauladan.

Hadits lain juga mengatakan bahwa sesunguhnya seseorang dengan akhlak yang mulia bisa meraih derajat orang yang senantiasa puasa sunnah dan senantiasa shalat malam sekalipun dia jarang mengerjakannya. Jadi, mari perhatikan akhlak dan perilaku kita sehari-hari.
Waallahu a’laam bishowab.


Profil Penulis:
Nama pena: Artisha ( Nama asli: Artis Hardiyati )
~ Menulis untuk menebar semangat kebaikan, amar ma’ruf nahi mungkar ~ 
Fb: artis hardiyati






2 komentar:

Mengenai Saya

Foto saya
Ahlan Wa Sahlan, Semoga Bermanfaat